Persiapan Pendirian Usaha




        Latar belakang
Semakin berkembangnya jaman dan teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas, maka dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan / skill agar mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. Namun pada kenyataan banyak sekali masyarakat menganggur karena kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang temui perusahaan atau industri yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga banyak menimbulkan pengangguran. Sebagai manusia yang berpikir akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk sekarang dan masa yang akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang manusia.

1.2  Tujuan
Tujuan dari makalah ini yaitu saya ingin menggambaran kepada teman-teman tentang dunia usaha dan tahap-tahap berusaha/membuka usaha, supaya bagi teman-teman yang ingin membuat usaha baru tidak salah dalam mengambil tindakan. Makalah ini juga bertujuan memberi wawasan dan pengetahuan yang lebih tentang tahap-tahap membuat usaha baru yang ingin dijalanakan.

1.3 Rumusan Masalah
Dalam makalah ini saya akan membahas beberapa masalah :
1.    Perencanaan Pendirian Usaha ?
2.    Apa itu Pengurusan Izin Usaha ?


2.1 Perencanaan
Proses penentuan tujuan organisasi atau perusahaan dan kemudian menyajikan dengan jelas strategi-strategi atau program tata cara pelaksanaan  atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan secara menyeluruh.
Perencanaan yang harus dilakukan untuk persiapan pendidirian usaha sebagai berikut :
1.        Riset Pasar
Suatu upaya pencarian untuk memperoleh informasi atau data yang relevan di masyarakat.

2.        Riset Bahan Baku
Bahan baku untuk pembuatan jamur tidak terlalu sulit untuk mencarinya bisa dijangkau dari lokasi produksi.

3.        Riset Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia memegang peranan penting dalam keberlangsungan proses produksi.

4.        Riset Lokasi
Lokasi yang di jadikan lahan sangat Memenuhi persyaratan untuk pertumbuhan jamur diantaranya kelembaban tinggi jauh dari sinar matahari, dekat dengan lokasi bahan baku, dekat dengan pasar, Infrastruktur memadai dan jauh dari polusi.

5.        Modal
Modal merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi  untuk memulai usaha. Besarnya modal awal yang dimiliki mencakup semua aspek yang diperlukan dalam usaha budidaya jamur. Sumber modal bisa menggunakan modal sendiri, modal patungan, pinjaman koperasi atau bank dengan persyaratan tertentu
2.2 Prosedur Pengurusan Izin Usaha
Perizinan usaha adalah alat/ instumen untuk membina, mengarahkan, mengawasi, dan menerbitkan penerbitan usaha. Mengenai persiapan pendirian usaha berdasarkan proposal usaha ada 6 hal yang perlu dipersiapkan dalam mempersiapkan pendirian usaha, yaitu pengurusan izin usaha, penentuan tempat/ lokasi usaha., pengadaan fasilitas produksi dan bahan baku produksi, perekrutan dan penepatan SDM (Sumber Daya Manusia), dan persiapan administrasi usaha.

1.    Membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
Surat Izin Tempat Usaha (SITU) merupakan pemberian izin tempat usaha yang kepada seseorang atau badan usaha yang tidak menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan di lokasi tertentu

2.    Membuat Nama Logo dan Merek Perusahaan
Harus merancang dan mendesign identitas dari usaha terlebih dahulu, yang meliputi :
1.  Nama perusahaan
2.  Logo perusahaan
3.  Alamat perusahaan
4.  Kartu nama dan tag line (slogan)
5.  Kop surat dan dokumen-dokumen lainnya
6.  Stempel perusahaan
7.  Maksud dan tujuan usaha
8.  Jumlah usaha

4.    Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Sudah menjadi ketetapam pemerintah bahwa setiap wajib pajak baik individu maupun pemilik perusahaan harus mempunyai Nomor Induk Wajib Pajak (NPWP).

5.    Membuat Akta Pendirian Perusahaan
Kesepakatan tersebut dituangkan dalam akta pendirian perusahaan yang dibuat dihadapan notaris. Hal ini bertujuan untuk :
a. Menghindari terjadinya perselisihan
b. Memberikan penjelasan status kepemilikan perusahaan
c. Mencantumkan nilai saham (Presentase kepemilikan)
d. Mengetahui besarnya modal

6. Membuat Surat Izin Usaha Perdgangan (SIUP)
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah surat izin untuk dapat melakukan kegiatan usaha perdagangan yang dikeluarakan instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan tempat/domisili perusahaan.

7.  Membuat AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkunagan)
Analisis Mengenai Dampak lingkunagan (AMDAL) adalah hasil kajian mengenai dampak besar dan penting dari suatu kegiatan usaha yang direncanakan terhadap lingkungan hidup yang digunakan untuk proses pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan kegiatan usaha di indonesia.

Baca Juga : TIPS JUALAN ONLINE DI MEDIA INTERNET


3.1 Kesimpulan
Kesimpulan dari seluruh materi yang telah saya sajikan dalam makalah diatas, bahwa setiap wirausahawan yang ingin membuka usaha baru sebaiknya mempelajari terlebih dahulu tahap demi tahap dalam membuat usaha karena tahap demi tahap ini sudah ada peraturannya oleh karena itu sangat penting sekali mempelajarinya, agar dalam berusaha kita tidak mendapat kesulitan dalam usaha yang kita jalankan itu.



DAFTAR PUSTAKA

Anonim, http://id.wikipedia.org/w/index ,dikunjungi 28 Maret 2015.
Anonim, http://id.wikipedia.org/wiki/administrasi,dikunjungi 29 Maret 2015
Anonim, http://html-pdf-convert.com/cari/modul-kewirausahaan-smk-kelas-xii.html, dikunjungi 29 Maret 2015
Hendro, 2006. Kewirausahaan untuk kelas smk dan mak kelas xii. Jakarta: erlangga.
Mardiatmo. Drs, 2006. Kewirausahaan untuk kelas xii smk. Jakarta: yudhistira.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogger indonugraha