PENGADAAN TENAGA KERJA

PENGADAAN

TENAGA KERJA



A.    PENGADAAN TENAGA KERJA
Pengadaan merupakan suatu proses yang terdiri atas analisis pekerjaan, perencanaan tenaga kerja, penarikan dan seleksi, untuk memperoleh tenaga kerja dalam jumlah dan kualitas yang tepat bagi suatu organisasi.
1.      Apa itu analisis pekerjaan ?
Merupakan sebuah proses penyelidikan yang sistematis untuk memperoleh informasi mengenai pekerjaan (job) dan pekerjaanya (job-holder). Informasi tersebut mencakup tugas tugas yang dilaksanakan yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan pekerjaan yang ada dalam sebuah organisasi.
2.      Manfaat Analisis Pekerjaan
Digunakan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan uraian pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan
3.      Spesifikasi Pekerjaan
Menejelaskan kualifikasi yang harus dimiliki seseorang untuk dapat melakukan pekerjaan tertentu. Berikut 3 kategori spesifikasi pekerjaan :
-          Persyaratan persyaratan kualifikasi umum seperti pengalaman dan pelatihan
-          Persyaratan persyaratan pendidikan, termasuk pendidikan, menengah universitas atau kejuruan
-          Pengetahuan, keahlian keahlian dan kemampuan
4.      Kinerja Karyawan / Job Performance
-          Observasi
Merupakan salah satu teknik analisis pekerjaan dimana data dikumpulkan dengan melakukan pengawasan terhadap pekerjaan dari para karyawan
-          Wawancara
Dengan metode wawancara maka dilakukan pemilihan pemegang pekerjaan dan kemudian diwawancarai secara ekstensif.
-          Kuisioner
Dengan cara ini karyawan diminta untuk mengisi daftar pertanyaan yang telah disiapkan.
B.     METODE EVALUASI KERJA
Cara bagaimana pekerjaan dievaluasi ada empat macam, yaitu metode peringkat (rangking method), metode penggolongan (classification method), metode perbandingan factor (factor comparison method) dan metode poin (point method).
a.       Metode Peringkat (Rangking Method)
b.      Penggolongan Pekerjaan (Classification Method)
c.       Metode factor perbandingan (factor comparison method)
d.      System Poin (point system)
C.    PERENCANAAN TENAGA KERJA
Merupakan suatu proses peninjauan ulang yang sistematis mengenai persyaratan SDM untuk menjamin agar jumlah tenaga kerja dengan keterampilan kerja yang diperlukan tersedia apabila dibutuhkan.
D.    ELEMEN ELEMEN PERENCANAAN TENAGA KERJA
a.       Tujuan Organisasi
b.      Peramalan Sumber Daya Manusia
c.       Informasi Karyawan
d.      Projeksi Ketersediaan SDM
e.       Analisis dan Evaluasi Kesenjangan SDM
E.     METODE PENENTUAN JUMLAH KEBUTUHAN TENAGA KERJA
a.       Analisis Beban Kerja
Suatu proses penentuan jumlah jam kerja orang yang dipergunakan atau yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu beban kerja tertentu dalam waktu tertentu.
b.      Analisis Tenaga Kerja
Suatu proses penentuan kebutuhan tenaga kerja yang dipergunakan untuk dapat mempertahankan kontinuitas jalannya perusahaan secara normal.
F.     PENARIKAN TENAGA KERJA
Sebuah proses yang terdiri atas menarik minat tenaga kerja dalam jumlah yang cukup dan kualifikasi yang sesuai dan medorong mereka untuk melamar pekerjaan untuk sebuah organisasi pada waktu tertentu.
a.      SELEKSI
Setelah jumlah karyawan yang di seleksi terkumpul dan karena yang dibuthkan lebih sedikit daripada yang dating melamar untuk mengetahui lebih jauh tentang seleksi dari pelamar, maka dilakukan seleksi .
-          Arti Pentingnya Seleksi
Seleksi merupakan sebuah proses yang ditujukan untuk memutuskan pelamar karyawan mana yang seharusnya diterima atau dipekerjakan.
-          Tujuan Seleksi
Untuk memilih orang yang cocok dengan pekerjaan dan perusahaan. Pada dasarnya seleksi dilakukan untuk memberikan masukan bagi perusahaan dalam rangka mendapatkan karyawan sesuai.
Baca Juga : PENGERTIAN KOMPENSASI




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogger indonugraha

0 Response to "PENGADAAN TENAGA KERJA"

Posting Komentar