PENGERTIAN REKSADANA




PENGERTIAN REKSADANA

Reksadana adalah pilihan investasi yang tepat bagi calon investor yang tidak punya modal besar, tidak punya banyak waktu dan akses informasi dan ingin memiliki portofolio yang terdiversifikasi. Berinvestasi reksadana jangka panjang, kita bisa menghasilkan nilai yang lebih tinggi dari inflasi. Lalu, bagaimana sih cara berinvestasi reksadana yang aman ? Ada beberapa tips dan cara yang bisa diterapkan oleh kita yang masih pemula untuk bisa berinvestasi reksadana secara aman. Berikut ini adalah tips untuk investor pemula dalam berinvestasi reksadana yang aman yang dikemukakan oleh Lisa Soemarto (Senior Financial Planner Akbar's Financial Check-Up) : 

1. Kita lakukan konsultasi dengan financial planner (Perencana Keuangan) yang telah kita pilih.
Keuntungan dari konsultasi ke financial planner dibanding dengan kita langsung ke agen penjual reksadana adalah, karena profesi seorang perencana keuangan yang independen jadi bisa secara objektif dalam memberikan sarannya mengenai produk reksadana yang ditawarkan ke kita, kita juga bisa langsung mendapat rekomendasi produk reksadana yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi kita, selain itu kita akan bisa lebih percaya diri dalam berinvestasi reksadana karena ada yang membantu dan memandu kita.

2. Kita tentukan jenis reksadana yang sesuai dengan tujuan investasi/keuangan kita
Jadi dalam hal ini, kita harus menetapkan kegunaan dana yang akan kita investasikan pada Reksadana. Apakah dana kita tersebut untuk tujuan keperluan pembelian aset, untuk dana pendidikan anak kita, untuk pensiun atau untuk keperluan lain dimasa yang akan datang.


3. Tetapkan kebutuhan investasi kita berdasarkan jangka waktu Sebelumnya kita tetapkan dulu jangka waktu kapan dana kita tersebut akan kita gunakan. Dengan demikian, kita sebagai investor bisa menentukan jenis reksadana yang akan dibeli sesuai dengan jangka waktunya. Karena tidak semua jenis reksadana akan sesuai dengan tujuan investasi kita.

4. Kenali profil risiko kita Kita juga harus menyesuaikan jenis reksadana yang kita pilih dengan profil risiko kita. Karena, ini akan menentukan alokasi besarnya masing-masing jenis reksadana yang harus dibeli yang disesuaikan antara profil risiko kita dan profil risiko jenis reksadana.
5. Pilih Manajer Investasi Yang Tepat

Dalam memilih manajer investasi, kita bisa cari tahu tentang latar belakang Manajer Investasi dengan membaca informasi yang ada dalam prospekstus reksadana. Sebaiknya kita pilih Manajer Investasi yang sudah mempunyai banyak pengalaman dalam mengelola beberapa reksadana.

download file tentang pengertian investasi pasar modal disini
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogger indonugraha

0 Response to "PENGERTIAN REKSADANA"

Posting Komentar